Jakarta - Dalam rangka melakukan pencegahan penyebaran virus corona, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memberlakukan kebijakan ‘Hygiene Commitment’ di seluruh dealer resminya.
Hal ini dilakukan sebagai langkah mematuhi himbauan pemerintah untuk menjaga jarak dalam berinteraksi dan beraktivitas dalam hal pembelian unit di dealer.
Hygiene Commitment atau Komitmen Higienis ini merupakan kebijakan ketat untuk operasional diler berupa pedoman-pedoman yang mengatur bagaimana diler harus beroperasi dengan mengutamakan keselamatan dan kesehatan, sehingga dapat memberikan ketenangan kepada pelanggan yang berinteraksi dengan diler Suzuki.
Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS menyebutkan penerapan kebijakan itu sebagai upaya mencegah dan meminimalkan penyebaran Virus Corona.
“Semua ini kami lakukan untuk memastikan keamanan seluruh pelanggan dan tentunya sejalan dengan aturan pemerintah mengenai social distancing maupun Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB),” ujar Donny.
Langkah yang Suzuki lakukan seperti penyemprotan disinfektan untuk semua unit test drive dan unit yang dibeli pelanggan, layanan home test drive, atau penggunaan masker dan physical distancing di area diler.
Selain itu, Suzuki juga memastikan setiap kendaraan yang dibeli akan diantar ke rumah pelanggan setelah disemprot cairan disinfektan yang sesuai.
Petugas pengantar pun menggunakan masker, sarung tangan, serta menjaga jarak aman dengan pelanggan. Proses pembelian pun tak perlu bagi konsumen untuk mendatangi dealer, cukup dilakukan secara daring saja.
Suzuki mengarahkan, sebelum melakukan pembelian kendaraan, pelanggan juga dapat melakukan test drive di rumah masing-masing (home test drive). Layanan ini memastikan agar pelanggan tetap #DiRumahAja sehingga meminimalkan potensi terpapar Covid-19.
Kendaraan yang disiapkan pun sudah disemprot disinfektan dan ada petugas yang siap menemani test drive dengan memakai masker, sarung tangan, serta menjaga jarak aman dengan pelanggan.
“Di masa yang sulit ini kami ingin tetap memastikan bahwa seluruh konsumen kami tetap dapat menikmati produk dan layanan kami namun tetap merasa aman dan nyaman,” tambah Donny.
Selain itu, jika pelanggan datang ke diler, karyawan Suzuki tetap akan memberikan layanan sesuai kebijakan ‘Hygiene Commitment’, seperti standar interaksi antara karyawan dengan pelanggan.
Standarisasi itu seperti menjaga jarak minimal 1-2 meter, penggunaan thermal gun, masker, sarung tangan, penyemprotan disinfektan, hand sanitizer, pelayanan pendukung, hingga pengaturan lay out dan furniture.
Semua prosedur ketat dalam berinteraksi dengan pelanggan berlaku di seluruh diler Suzuki yang berada di daerah-daerah yang belum menerapkan PSBB. Sementara untuk daerah yang telah menerapkan, diler Suzuki di wilayah tersebut sepenuhnya mematuhi peraturan PSSB daerah setempat.
“Selain itu, tentunya kami juga memastikan seluruh karyawan Suzuki dan diler resmi kami juga tetap aman selama melayani pelanggan,” tutup Donny. (*/angga)
Post A Comment: