JAKARTA - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) berhasil meningkatkan pangsa pasar secara nasional sepanjang periode Januari – Juli 2019, ditengah terpuruknya pasar otomotif selama periode tersebut.
Pada periode itu, penjualan otomotif nasional mencatatkan angka 570 ribu unit untuk wholesales, turun sekitar 13,7%, sementara retail sales meraih angka 587 ribu unit, juga merosot hingga 11% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.
Dengan hasil itu, Daihatsu mampu bertahan ditengah himpitan pasar otomotif yang melemah, dengan peningkatan pangsa pasar baik wholesales (17,5%) maupun retail sales (17,2%).
Daihatsu Sigra masih menjadi kontributor terbesar penjualan sepanjang Januari-Juli 2019 |
Dari kedua perolehan penjualan itu, Sigra masih mendominasi penjualan. Selama periode Januari-Juli, Daihatsu Sigra terjual secara retail sebanyak 29.923 unit (30%), diikuti Gran Max (PU) 19.658 unit (19%), dan Xenia 14.102 unit (14%).
Untuk penjualan retail Ayla, dan Terios berada di kisaran angka lebih dari 12 ribu unit dengan kontribusi sekitar 12-14%. Disusul oleh Gran Max (MB) 8.256 unit (8%) dan kombinasi Luxio, Sirion, Hi-Max sebanyak 3.007 unit (3%).
“Di tengah lesunya pasar mobil Indonesia yang turun 11,1%, kami bersyukur Daihatsu turun hanya 9,6%, sehingga secara market share Daihatsu naik 0,3% menjadi 17,2%,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director PT ADM. (*/dp/ygi)
Post A Comment: