Jakarta - Pertumbuhan pasar otomotif Astra International Tbk (ASII) tidak akan berbeda jauh dengan target Gaikindo. ASII optimis penjualan otomotif perusahaan pada 2018 ini, minimal bisa terjaga.

“Kami prediksi pertumbuhan otomotif Astra relatif tidak berbeda jauh dengan target Gaikindo, yaitu kurang dari 2%,” kata Kepala Divisi Hubungan Investor Astra International Tbk, Tira Ardianti di Jakarta, Jumat (19/1).

Tira menyebut, beberapa faktor, seperti penyelesaian pembangunan proyek infrastruktur yang didanai pemerintah akan menjadi pendorong penjualan otomotif tanah air. Demikian juga dengan peluncuran produk baru, perayaan Asean Games akan menjadi pendorong pertumbuhan penjualan otomotif, khususnya Astra.

“Jangan lupa,  penyelenggaraan pemilihan kepala daerah serentak dan menggeliatnya harga komoditas, juga menjadi penyumbang penjualan otomotif, meski tidak terlalu signifikan,” tambah Tiara.

Dari laporan keuangan hingga September 2017, Astra mengantongi laba bersih sebesar Rp14,18 triliun atau tumbuh 26% secara year on year. Sementara itu, pendapatan bersih tersebut mencapai Rp 150,22 triliun atau bertumbuh 14%.

Pada periode yang sama pada tahun lalu, pendapatan bersih Astra sebesar Rp 132,29 triliun.

Kontribusi paling besar perusahaan disumbang dari segmen otomotif sebesar Rp6,57 triliun atau sekitar 46% dari total laba grup. Kontribusi kedua terbesar datang dari segmen jasa keuangan yang mencapai Rp2,94 triliun.

“Dua pertiga profit kami dari otomotif dan auto consumer finance,” pungkas Tiara. (yogi)

OTOBanten

OTOBanten.id

OTOBanten.id merupakan Media Online Berita Otomotif Seputar Banten dan Nasional

Post A Comment: