Jakarta - Coba perhatikan mobil balap yang berlaga di sirkuit seperti touring, Formula 1, atau balap NASCAR di Amerika. Kalau melihat bannya pasti seperti dicat warna putih yang bertuliskan merek bannya. Sekarang ini dikalangan penyuka modifikasi mobil di Indonesia sedang tren yang namanya tyre sticker atau tyre bomb. Fungsinya membuat tampilan ban mobil jadi seperti mobil balap yang disebut tadi diatas.

Tampil Sporty
Tren ini pernah mengemuka sekitar 1995-1996, hanya saja ketika itu masih mengandalkan metode ‘murah’. Pakai cat rumah, atau bahkan tip-ex untuk untuk mengecat merek ban yang dipakai. Kini tren tersebut kembali hadir, tentu dengan cara yang berbeda. “Sekarang menggunakan tyre sticker atau tyre bomb yang menggunakan cat semprot,” ujar Reno dari Positive Vibes yang banyak menjual tyre sticker dan tyre bomb ini.

Ada perbedaan antara tyre sticker dan bomb. “Kalau tyre sticker timbul karena memang stiker yang kita buat dari bahan khusus. Kalau tyre bomb pake cetakan khusus dan dicat menggunakan cat semprot,” urai Reno panjang lebar. Nah, para pengguna di Indonesia awalnya adalah para penyuka kecepatan atau yang suka tampilan sporti. Namun belakangan yang modifikasi mobilnya aliran stance atau ceper pun ikut menggunakan model ini.

Seperti Kiki Anugraha yang menggunakan tyre sticker di Toyota 86 dan Toyota Alphard miliknya. “Kalau di 86 memang lebih pas karena tema modifnya sporti. Tapi di Alphard yang alirannya beda pun ternyata keren juga,” tukas Kiki. Sedangkan Rizqy ‘Onta’ juga menggunakan di Lexus IS200 miliknya.

“Pakai tyre sticker ini memang karena sedang tren dan cocok dengan tema modif mobil ini, lagipula peleknya juga mendukung…hehehe,” kekeh anggota komunitas Basis Bintaro ini. Mengenai tulisan atau merek ban yang dipakai, menurut Reno cukup beragam, namun merek ban Toyo Tyres dan Pirelli lebih banyak dipilih. Bahkan, “Ada juga yang pesan berdasarkan merek mobil atau namanya sendiri,” tuturnya.

Pemilihan warna yang dipakai terpatok pada dua pilihan, putih dan kuning. Pemesanannya sendiri butuh waktu sekitar 10 hari kerja untuk tyre sticker dan 3 hari kerja untuk tyrebomb.

Pemasangan Mudah
Soal harga, Reno mematok harga tyre sticker mulai dari Rp 750 ribu untuk merek ban Rp 800 ribu untuk custom text. Terdiri dari 8 tyre sticker untuk 4 ban dan 1 botol lem khusus.  Sementara tyrebomb Rp 150 ribu sampai Rp 200 ribu untuk merek ban dan custom text Rp 200 ribu.

Pemasangannya juga gampang, “Urutannya buka ban dari mobil, lalu bersihkan ban sampai bersih dengan menggunakan acetone, brake cleaner, atau alkohol agar benar-benar bersih dari minyak atau bekas semir ban. Lalu posisikan tyre sticker di ban dan beri lem sedikit demi sedikit sampai semua menempel sempurna, terakhir pasang lagi ban ke mobil,” tukas Reno lagi.

Kalau kotor membersihkannya juga gampang, “Pakai cairan brake cleaner saja, semprot ke lap microfiber lalu pelan-pelan bersihkan tanpa menekan terlalu kuat. Memang tidak akan kembali bersih seperti baru lagi, tapi lebih terlihat bersih,” ucapnya. Tren selalu berulang, dengan cara yang tentu berbeda. (*/otn)
OTOBanten

OTOBanten.id

OTOBanten.id merupakan Media Online Berita Otomotif Seputar Banten dan Nasional

Post A Comment: