Jakarta - BMW Indonesia bersama salah satu diler resminya, BMW Astra, resmikan BMW Astra Pluit yang kini telah mengusung konsep inovatif Retail.Next, yang memberikan tampilan segar dan modern di kawasan Jakarta Utara. Sebagai wujud komitmen BMW Astra memberikan pengalaman ritel otomotif yang mengedepankan fokus kepada pelanggan, menggabungkan inovasi digital dengan layanan personal dan dinamis. Retail.Next merupakan inisiatif strategis BMW berskala global, dirancang untuk menghadirkan pengalaman pelanggan premium terbaik di kelasnya. Sebagai diler resmi BMW yang telah beroperasi sejak tahun 1986, BMW Astra terus menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik, termasuk melalui BMW Astra Pluit yang telah melayani pelanggan BMW sejak lebih dari 10 tahun lalu.
Acara peresmian dihadiri oleh President Director BMW Group Indonesia, Peter “Sunny” Medalla; Communications Director BMW Group Indonesia, Jodie O’tania, serta hadir juga perwakilan dari BMW Astra yaitu Chief Executive BMW Astra, Sanfrantis Tanu; Marketing Manager BMW Astra, Martha Andhyka serta manajemen BMW Astra.
Dalam sambutannya, Peter “Sunny” Medalla, President Director BMW Group Indonesia mengatakan,“BMW Astra Pluit Retail.Next merupakan wujud nyata dari komitmen kami untuk selalu menghadirkan pengalaman premium yang lebih hangat, relevan, dan personal bagi para pelanggan. Fasilitas terbaru ini bukan hanya sebuah showroom, tetapi sebuah destinasi modern yang dirancang untuk menghubungkan manusia, teknologi, dan hospitality dalam satu kesatuan. Pluit dikenal sebagai kawasan yang dekat dengan gaya hidup urban, kreativitas, dan komunitas yang kuat. Kami berharap dengan hadirnya Retail.Next dapat menjadi fasilitas baru bagi pelanggan dan penggemar BMW untuk berkumpul, menemukan inspirasi, serta merasakan JOY yang menjadi inti dari setiap inovasi BMW.
BMW terus mempertahankan posisinya sebagai pemimpin segmen otomotif premium di Indonesia dengan pangsa pasar gabungan mendekati 60 persen dari BMW dan MINI. Pencapaian ini didorong oleh permintaan kuat terhadap model model rakitan lokal seperti BMW Seri 7, BMW X3 dan BMW X5 yang terus menjadi tolok ukur di segmennya. Dominasi pasar ini tidak terjadi begitu saja, tetapi berangkat dari filosofi sederhana: BMW selalu memulai dari kebutuhan pelanggan. Melalui teknologi cerdas BMW ConnectedDrive, pengalaman layanan yang transparan, serta dukungan pelanggan dengan tema “Relax, We Care”, setiap perjalanan bersama BMW dirancang untuk memberikan rasa percaya diri, kenyamanan, dan hubungan jangka panjang yang bermakna.
Pembukaan BMW Astra Pluit Retail.Next juga menandai babak baru dalam perjalanan panjang kami bersama BMW Astra, mitra terlama yang telah mendampingi BMW Indonesia sejak awal. Bersama sama, kami telah melalui berbagai tantangan, memperluas jaringan, dan membangun hubungan yang kuat berlandaskan kepercayaan. Fasilitas ini menjadi simbol komitmen BMW Astra untuk terus berinvestasi, berinovasi, dan mendukung pertumbuhan brand BMW di Indonesia. Kami percaya showroom ini akan menghadirkan pengalaman yang lebih menyeluruh, lebih dekat dengan komunitas, dan semakin memperkuat posisi BMW sebagai pemimpin di segmen premium Indonesia.”
Sementara itu, dalam sambutannya, Sanfrantis Tanu, Chief Executive BMW Astra, mengatakan, “Kami bersyukur dapat meresmikan BMW Astra Pluit dengan desain konsep Retail.Next bekerja sama dengan BMW Group Indonesia. Setelah lebih dari sepuluh tahun melayani pelanggan di Jakarta Barat dan Jakarta Utara, hari ini kami memperkenalkan fasilitas terbaru yang membawa standar pengalaman BMW Astra ke tingkat yang lebih modern, personal, dan relevan bagi kebutuhan pelanggan masa kini. BMW Astra Pluit kini menjadi showroom ketiga kami yang menerapkan konsep Retail.Next, sebuah langkah penting untuk menghadirkan layanan penjualan dan purna jual yang lebih baik dan lebih dekat dengan pelanggan.
Showroom ini berdiri di atas lahan seluas 1.352 meter persegi dengan total bangunan 3.470 meter persegi dan dirancang menggunakan pendekatan sustainability yang sejalan dengan Astra 2030 Sustainability Aspirations. Melalui desain fasad yang mampu mengurangi hingga 78 persen radiasi matahari dan pemanfaatan cahaya alami, fasilitas ini dapat menghemat penggunaan energi pendingin hingga 29 persen. Dari sisi layanan, BMW Astra Pluit Retail.Next menawarkan area showroom dengan pengalaman digital, Emotional Virtual Experience, serta konsep VIP Experience untuk konsultasi dan penyerahan kendaraan. Untuk purna jual, fasilitas ini dilengkapi tujuh stall bengkel, RATC, wheel alignment, serta tiga unit charging station yang mendukung mobilitas berkelanjutan.
*Kami mengucapkan terima kasih kepada BMW Indonesia atas kolaborasi jangka panjang yang selalu terjaga dengan baik, kepada para mitra bisnis yang terus memberikan dukungan, serta kepada pelanggan loyal yang mempercayakan kebutuhan kendaraan premium mereka kepada BMW Astra. Kehadiran showroom ini semakin memperkuat komitmen kami untuk memberikan layanan terbaik dan membangun hubungan jangka panjang dengan komunitas BMW di Jakarta Utara dan sekitarnya.”
Dengan konsep terbaru BMW dan transfer ilmu serta berbagai pelatihan dari BMW AG, berikut beberapa touch point pembelian yang diperhatikan dan ditingkatkan secara signifikan dengan hadirnya konsep BMW Retail.Next: Konsep BMW Retail.Next pertama kali diperkenalkan Desember 2023 di BMW India. Retail.Next adalah pendekatan holistik dan progresif yang berfokus pada kepuasan pelanggan, fleksibilitas, sustainibility, dan pengalaman premium terbaik dikelasnya. BMW Astra akan terus mengadopsi konsep Retail.Next ini di seluruh cabang BMW Astra.
VIP Experience. Pelanggan akan mendapatkan pelayanan VIP yang membuat kunjungan berkesan dan nyaman.
Pengalaman Digital In-Store. Pembuatan janji secara online, ketersediaan layar digital dalam jumlah banyak dengan konten yang diintegrasikan dengan kehadiran BMW Genius dan BMW Business Consultant di tempat membuat pengalaman digital menjadi menyeluruh bagi seluruh pelanggan.
EVE: Emotional Virtual Experience. Dilengkapi dengan EVE, sebuah perangkat lunak untuk memvisualisasikan kendaraan BMW dan MINI sehingga kendaraan dapat ditampilkan kepada pelanggan dengan kualitas yang hampir seperti foto-realistis dalam proses konsultasi dan penjualan.
Test Drive: Momen Legendaris. Mencoba kendaraan impian secara langsung kini dibuat seamless dan sangat nyaman sehingga pelanggan dapat bertanya apa saja kepada BMW Genius ataupun BMW Business Consultant.
Tailor Made Delivery dan Handover Kendaraan: Konsep Retail.Next memungkinkan diler BMW untuk menawarkan serah terima kendaraan yang fleksibel dan dapat disesuaikan pada waktu dan tempat yang mereka inginkan – membentuk pengalaman serah terima yang bersifat individual dan berkesan.
Tetap Terkoneksi setelah Serah Terima Kendaraan. Setiap pelanggan juga dimudahkan untuk melakukan follow-up dengan BMW/MINI Business Consultant secara lebih mudah dan nyaman.
Aspek Keberlanjutan (Sustainability). Pemilihan material bangunan BMW Astra Cilandak mengurangi 78% radiasi matahari namun tetap dapat memaksimalkan cahaya yang masuk sehingga menghemat 29% penggunaan energi pendingin ruangan. BMW Astra Cilandak juga menggunakan daya listrik dari energi terbarukan dengan listrik bersumber dari geothermal (PLTP Kamojang). (*/yogi)

Post A Comment: