Tangerang -Hari ini, BMW Group Indonesia bersama salah satu diler resminya, BMW Eurokars resmikan BMW MINI Eurokars PIK 2. Ini merupakan diler pertama di Indonesia yang mengintegrasikan BMW dan MINI dalam satu gedung dan telah mengusung konsep Retail.Next. Fasilitas ini hadir dengan megah, berikan tampilan yang mewah dan eksklusif di wilayah PIK 2. Retail.Next adalah inisiatif strategis BMW Group, lintas fungsi, dan berskala global yang bertujuan untuk berikan pengalaman pelanggan premium terbaik di kelasnya.

Dalam kesempatan yang sama BMW Asia dan BMW Group Indonesia bagikan pencapaiannya di kuartal pertama dan terus perkuat posisinya sebagai pemimpin segmen otomotif premium di Indonesia dan kawasan Asia. Pada kuartal pertama 2025, BMW Asia mencatatkan pertumbuhan tertinggi sepanjang sejarah dengan kenaikan penjualan sebesar 13% year-on-year di 14 pasar.

Di Indonesia, BMW mencatatkan rekor penjualan Q1 tertinggi dengan total 835 unit, tumbuh 7,7% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. BMW juga menjadi satu-satunya brand otomotif premium yang mencatatkan pertumbuhan positif di pasar.

Lebih dari separuh pelanggan kendaraan mewah di Indonesia memilih BMW, yang kini menguasai 57% pangsa pasar premium.
Acara peresmian hari ini menjadi istimewa karena dihadiri oleh Lars Nielsen, Managing Director BMW Group Asia; Beate Mueller, Finance Director BMW Group Asia; dan Daren Ching, Head of MINI Asia serta jajaran manajemen BMW Group Asia dan jajaran manajemen BMW Group Indonesia diwakili oleh Peter “Sunny” Medalla, President Director BMW Group Indonesia; Jodie O’tania, Director of Communications BMW Group Indonesia; dan tentunya dari tuan rumah BMW Eurokars diwakili oleh Karsono Kwee, Executive Chairman Eurokars Group; Herbert Kwee, CEO of Eurokars Group Indonesia dan Ong Lay Ling, Group Managing Director Eurokars Group.

Dalam kata sambutannya, Lars Nielsen, Managing Director BMW Group Asia, mengatakan, “BMW Group dan Eurokars Group kembali berinvestasi untuk membuka showroom dengan konsep Retail.Next, karena kami percaya pada pasar Indonesia dan berkomitmen untuk memberikan pengalaman tak tertandingi kepada pelanggan kami, khusus untuk PIK 2 ini terintegrasi BMW dan MINI. Transformasi sejati hanya mungkin terwujud dengan mitra yang tepat dan Eurokars selalu hadir sebagai mitra yang tidak hanya memahami visi kami, tetapi juga sepenuhnya percaya pada ambisi jangka panjang kami.

Retail.Next adalah simbol dari transformasi dalam cara BMW menjalin hubungan dengan pelanggan. Konsep ini melampaui showroom tradisional. Retail.Next menawarkan ruang terbuka yang ramah, perjalanan digital yang terintegrasi, dan layanan yang dipersonalisasi di setiap tahapan perjalanan pelanggan. Dimulai sejak pelanggan datang ke showroom hingga tahapan kepemilikan kendaraan. Di seluruh market BMW, Retail.Next telah mendefinisikan ulang arti retail premium, bukan hanya tentang transaksi, tetapi tentang hubungan emosional; bukan hanya showroom, tetapi destinasi yang penuh makna.

Melalui BMW MINI Eurokars PIK 2, visi global ini kini hadir di Indonesia menghadirkan pengalaman premium yang belum pernah ditawarkan oleh brand otomotif lain sehingga BMW Group Indonesia terus tetapkan standar baru untuk masa depan retail premium.“

Peter “Sunny” Medalla, President Director BMW Group Indonesia kemudian melanjutkan, “Selamat kepada Eurokars untuk pembukaan showroom dengan integrasi BMW dan MINI pertama dalam konsep Retail.Next!

Sebelum kita menjelajahi fasilitas baru yang luar biasa ini, saya ingin membagikan informasi seputar pencapaian BMW Indonesia pada kuartal pertama tahun 2025 ini. BMW Indonesia sebagai pemimpin di segmen kendaraan mewah di Indonesia kembali raih kesuksesan di kuartal pertama di tahun 2025, dengan total penjualan mencapai 835 unit, meningkat 7,7% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya, hasilkan prestasi yang luar biasa yaitu rekor 57,2% market share di segmen premium.

BMW juga mempertahankan dominasinya di segmen kendaraan listrik premium dengan menguasai 64% market share. Artinya, dua dari tiga pembeli kendaraan listrik premium di Indonesia memilih BMW, sebuah capaian luar biasa yang menunjukkan keunggulan teknologi elektrifikasi BMW.

Bagi BMW Indonesia, menjadi pemimpin tidak hanya berarti menghadirkan kendaraan luar biasa, tetapi juga memberikan ketenangan bagi pelanggan, dari saat mereka memasuki showroom hingga layanan purna jual. Melalui program-program inovatif dari Customer Support seperti Relax We Care dan BMW Premium Selection (BPS) untuk kendaraan BMW dan MINI pre-owned, serta layanan purna jual terbaik di segmennya, kami memastikan setiap pelanggan BMW merasa dihargai, diperhatikan, dan terhubung sepanjang perjalanan kepemilikannya.

Hari ini, melalui pembukaan Eurokars PIK 2, kami dengan bangga melangkah ke fase berikutnya. Di tahun 2025, BMW akan meluncurkan 12 fasilitas Retail.Next baru di seluruh Indonesia, menciptakan destinasi premium dengan pengalaman terbaik untuk pelanggan.”

Herbert Kwee, CEO of Eurokars Group Indonesia turut berikan kata sambutannya, “BMW Eurokars telah berpengalaman lebih dari dua dekade sebagai diler BMW. Pada awalnya sebagai diler BMW M, kendaraan performa tinggi dari BMW. Kini, mendapatkan kepercayaan dari BMW Group untuk menjadi diler pertama yang hadirkan BMW dan MINI dalam satu integrasi seperti Eurokars PIK 2 ini dengan konsep Retail.Next merupakan sebuah kebanggaan dan tanggung jawab yang besar bagi kami.

Setelah melalui proses pembangunan selama lebih dari satu tahun, showroom kami hari ini dapat diresmikan dengan tampilan yang megah dan modern, siap melayani seluruh pelanggan dan calon pelanggan BMW dan MINI di area PIK, Tangerang, dan tentunya Jakarta Utara dan sekitarnya. Kami memahami bahwa waktu pelanggan sangat berharga, oleh karena itu, konsep Retail.Next dirancang untuk memfasilitasi pengalaman yang lebih fokus pada pelanggan. Mulai dari konsultasi, proses pembelian, hingga pengantaran kendaraan yang dibuat sesuai kebutuhan dan preferensi pelanggan, semua dijalankan dengan lebih efisien.

Kami berharap BMW MINI Eurokars PIK 2 dapat menjadi destinasi yang lebih nyaman bagi pelanggan, baik untuk berkonsultasi, melakukan pembelian, maupun perawatan kendaraan. Terima kasih kepada BMW Group atas kepercayaan yang diberikan kepada kami. Kami berharap dapat terus berkembang bersama, memperluas jaringan diler BMW dan MINI di Indonesia.”

BMW MINI Eurokars PIK 2
Dengan investasi lebih dari Rp 200 miliar, BMW MINI Eurokars PIK 2 hadir di Jl. Fatmawati, Kav. Komersial KLB 25-26, Pantai Indah Kapuk 2 dengan luas tanah 3.258 m² dan luas gedung 5.336 m², sangat luas dan hadirkan 4 lantai untuk melayani pelanggan BMW dan MINI.

Dengan 12 display kendaraan di dalam area showroom serta 11 workbay di workshopnya, Eurokars PIK 2 mampu melayani pelanggan dengan sangat nyaman. Untuk pelanggan yang ingin mengisi daya kendaraan, Eurokars PIK 2 juga menyediakan 4 charging station.

Berada di area yang sangat strategis di kawasan PIK 2, fasilitas lounge yang nyaman, Business Consultant, BMW Genius, Customer Relation, Service Advisor dan Technician BMW& MINI Eurokars PIK 2 siap menghadirkan pengalaman BMW dan MINI terbaik untuk Anda. 

BMW & MINI Eurokars PIK 2 buka pada:
Showroom:
Senin – Jumat: 09.00 – 18.00
Sabtu : 09.00 – 14.30
Minggu : 10.00 – 17.00
 
Workshop:
Senin – Jumat: 08.30 – 16.30
Sabtu : 08.30 – 14.30
 
Dengan konsep terbaru BMW dan MINI dan transfer ilmu serta berbagai pelatihan dari BMW Group AG, berikut beberapa touch point pembelian yang diperhatikan dan ditingkatkan secara signifikan dengan hadirnya konsep BMW Retail.Next:

VIP Experience. Dari awal memasuki diler BMW Group yang sudah mengusung konsep BMW Retail.Next, pelanggan akan mendapatkan pelayanan VIP dan membuat kunjungan berkesan dan nyaman.

Pengalaman Digital In-Store
Era digitalisasi sangat diperhatikan di konsep Retail.Next. Mulai dari membuat janji secara online, saat datang ke diler pun pengalaman digital sangat terlihat. Banyaknya layar digital yang kontennya sangat diintegrasikan dengan kehadiran BMW Genius dan BMW Business Consultant di tempat membuat pengalaman digital menjadi menyeluruh bagi seluruh pelanggan.

EVE: Emotional Virtual Experience
Diler BMW dan MINI yang sudah mengusung konsep Retail.Next, dilengkapi dengan EVE, sebuah perangkat lunak untuk memvisualisasikan kendaraan BMW dan MINI.

Dengan EVE, kendaraan dapat ditampilkan kepada pelanggan dengan kualitas yang hampir seperti foto-realistis dalam proses konsultasi dan penjualan sehingga memberikan kontribusi besar terhadap pengalaman pelanggan. EVE memberikan dukungan visual terbaik saat pelanggan hendak mengambil keputusan.

Kegunaan utama EVE antara lain adalah memvisualisasikan kendaraan untuk konfigurasi pribadi sesuai keinginan pelanggan dan akan dipandu oleh BMW/MINI Genius. Pelanggan dapat berkonsultasi lebih lanjut dan EVE juga berfungsi sebagai alat peraga BMW/MINI Business Consultant saat tunjukkan stok kendaraan yang sedang tidak ditampilkan di showroom. EVE sudah tersedia di lebih dari 60 negara di mana BMW dan MINI beroperasi. 

Test Drive: Momen Legendaris
Setelah visualisasi dengan seperangkat alat digital seperti EVE, pada akhirnya momen legendaris dari sebuah keputusan pembelian kendaraan oleh pelanggan adalah dengan mencoba kendaraan impian secara langsung. Kembali ke inti utama dari brand BMW yaitu JOY dan Sheer Driving Pleasure. Proses dibuat seamless dan senyaman mungkin di mana pelanggan dapat bertanya apa saja kepada BMW Genius ataupun BMW Business Consultant.

Tailor Made Delivery dan Handover Kendaraan: BMW Anda, Diantar Sesuai Keinginan Anda.

Dengan menyediakan pengiriman kendaraan yang disesuaikan dengan preferensi dan kebutuhan pelanggan, konsep Retail.Next memungkinkan diler BMW untuk menawarkan serah terima kendaraan yang fleksibel dan dapat disesuaikan pada waktu dan tempat yang mereka inginkan – membentuk pengalaman serah terima yang bersifat individual dan berkesan.

Selain itu, BMW Business Consultant yang melakukan serah terima siap untuk membagikan informasi yang relevan dan disesuaikan tentang fitur dan fungsi kendaraan secara langsung selama atau setelah serah terima fisik, secara digital.

Di diler BMW yang sudah mengusung konsep Retail.Next disiapkan tempat serah terima multifungsi khusus untuk berbagai kasus yang dirancang dan dihubungkan kendaraan yang secara fisik ada di lokasi dan alat digital dengan konten khusus untuk menciptakan pengalaman mendalam bagi pelanggan. Di sinilah BMW mengintegrasikan desain premium dan elemen marketing modern ke dalam keseluruhan tampilan kendaraan BMW.

Tetap Terkoneksi setelah Serah Terima Kendaraan
Dengan tawarkan janji follow-up. yang nyaman dan individual untuk setiap pelanggan, BMW/MINI Business Consultant dapat menjelaskan fitur-fitur baru dan memberikan tip dan trik untuk memaksimalkan Sheer Driving Pleasure bagi tiap pelanggan. Serah terima yang premium kami pastikan konsisten dan berkelanjutan setelah pengiriman. Hal ini mendorong afiliasi dan keterlibatan pelanggan jangka panjang dengan brand BMW dan MINI.

Pelanggan merasakan langsung kendaraan, layanan, dan penggunaan aplikasi mereka dan mengeksplorasi potensi mengemudi/penggunaan sepenuhnya langkah demi langkah dengan dipandu, tanpa merasa kewalahan. Nyamannya, pelanggan bahkan dapat memilih format penjelasan dari Business Consultant baik dengan bertemu langsung ataupun secara virtual.

Aspek Keberlanjutan (Sustainability)
Dengan konsep Retail.Next, setiap detail dari showroom dirancang dengan cermat untuk memberikan pengalaman mewah yang tak terlupakan bagi seluruh pelanggan. Aspek yang sangat diperhatikan oleh BMW salah satunya adalah Sustainability, dengan pemilihan material yang meminimalkan dampak terhadap lingkungan serta tata letak yang ergonomis hingga pencahayaan yang disesuaikan, kami menjamin kenyamanan dan kepuasan pelanggan dalam setiap kunjungan. Kami berkomitmen untuk memberikan pengalaman mewah yang tak terlupakan bagi pelanggan, sambil memastikan bahwa setiap langkah yang kami ambil juga menjaga keberlanjutan lingkungan untuk generasi mendatang. (*/yogi)
OTOBanten

OTOBanten.id

OTOBanten.id merupakan Media Online Berita Otomotif Seputar Banten dan Nasional

Post A Comment: