Jakarta– ASEAN Football Federation (AFF) hari ini mengumumkan bahwa turnamen tim nasional pria di Asia Tenggara, sekaligus ajang sepak bola paling bergengsi di kawasan ini, kini resmi bernama ASEAN Hyundai Cup™. Nama baru ini lahir setelah AFF menjalin kemitraan dengan Hyundai Motor yang merupakan pemimpin global dalam smart mobility. 

Berdasarkan kesepakatan yang ditandatangani oleh mitra komersial eksklusif AFF, SPORTFIVE, Hyundai juga menjadi Presenting Partner untuk tiga kejuaraan sepak bola besar ASEAN lainnya, yaitu ASEAN Club Championship Shopee Cup™, ASEAN Women’s MSIG Cup™, dan ASEAN U-23 Championship™. Bersama dengan Hyundai Cup™, seluruh kegiatan tersebut dikenal secara kolektif sebagai ASEAN United FC. 
Didirikan pada tahun 1967, Hyundai Motor beroperasi di lebih dari 200 negara dan berkomitmen untuk mengatasi tantangan mobilitas global sekaligus bertransformasi menjadi Penyedia Solusi Smart Mobility melalui investasi di bidang robotik, Advance Air Mobility, dan teknologi zero-emission, seperti bahan bakar hidrogen serta inovasi kendaraan listrik (EV). Sebagai bagian dari visi ini, dukungan sponsor untuk sepak bola telah menjadi elemen utama dalam strategi pemasaran brand dan olahraga Hyundai sejak tahun 1999 melalui kemitraannya dengan FIFA, yang kemudian berkembang menjadi sponsor resmi CONMEBOL Libertadores di Amerika Latin. 
ASEAN Hyundai Cup™ merupakan kemitraan pertama layanan mobilitas asal Korea Selatan ini dengan sepak bola ASEAN, sebagai bagian dari strategi untuk memperluas pertumbuhan di Asia Tenggara, memperkuat kehadirannya di pasar utama kawasan serta memperkuat hubungan dengan komunitas sepak bola ASEAN. Pada tahun 2024, ajang kompetisi andalan ASEAN ini memecahkan rekor dengan jumlah penonton mencapai 541,5 juta dan total penayangan mencapai 12,66 miliar di berbagai saluran media sosial.  

Mr. Sunny Kim, Presiden Hyundai Motor Asia Pacific, mengatakan: “Bagi Hyundai, sepak bola bukan hanya olahraga, melainkan sebuah wadah yang menyatukan dan memberdayakan komunitas. Dengan pengalaman kemitraan global selama lebih dari 26 tahun, kami melihat kawasan ASEAN memiliki semangat sepak bola yang terus berkembang pesat. Dukungan sponsor ini selaras dengan visi kami yaitu ‘Progress for Humanity’ dengan mendukung pendidikan, inklusi, dan pertumbuhan yang berkelanjutan. 

“Sebagai perwakilan regional yang mendukung pertumbuhan Hyundai di Asia Tenggara, Hyundai Motor Asia Pacific dengan bangga memperkenalkan program ‘Move the Game’ melalui sponsorship ini yang mencerminkan komitmen kami untuk memberdayakan para penggerak perubahan sehari-hari dan membentuk masa depan mobilitas. Selain inovasi otomotif, kami juga berupaya menciptakan dampak sosial melalui berbagai inisiatif seperti ‘Hyundai Kids Mobile Library’, sebuah bus EV yang diubah menjadi ruang belajar bagi anak-anak, memadukan pendidikan dengan kesempatan belajar. Kami dengan bangga mendukung kemajuan baik di dalam maupun di luar lapangan.” 

Major General Khiev Sameth, Presiden AFF, mengatakan: “Federasi Sepak Bola ASEAN dan Asosiasi Anggota kami merasa terhormat menyambut Hyundai, pemimpin global dalam mobilitas dan inovasi sekaligus pendukung setia sepak bola, sebagai Mitra Utama ASEAN Hyundai Cup™. 

 

“Reputasi Hyundai dalam hal keunggulan serta komitmennya terhadap komunitas sepak bola dunia selaras dengan misi AFF untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan sepak bola di Asia Tenggara. ASEAN Hyundai Cup™ menjadi simbol harapan tertinggi para pemain, penggemar, dan negara-negara di kawasan ini. Bersama Hyundai, kami siap membuka babak baru yang penuh semangat, menginspirasi generasi mendatang, memperkuat kebersamaan masyarakat, dan dengan bangga menunjukkan semangat tak terbatas ASEAN kepada dunia.” 

Seamus O’Brien, President and Chairman of the Board, APAC SPORTFIVE, mengatakan: “Kemitraan Hyundai tak hanya menandai era penting bagi sepak bola ASEAN, tetapi juga sangat berarti dalam evolusi Kejuaraan ASEAN, sebuah ajang unggulan dengan jumlah penonton dan basis penggemar terbesar di kawasan ini yang telah menjadi sebuah acara internasional. Kemitraan ini juga terjadi pada waktu yang tepat, di mana perhatian dunia semakin tertuju pada perkembangan ASEAN sebagai kekuatan ekonomi. 

“Kebangkitan tim nasional ASEAN sejalan dengan meningkatnya peran kawasan ini sebagai salah satu pasar otomotif dan pusat manufaktur paling dinamis di dunia. ASEAN Hyundai Cup™ juga mendukung strategi Hyundai untuk menjadikan Asia Tenggara sebagai kontributor utama dalam penjualan globalnya, sekaligus memperkuat posisi Hyundai di dunia sepak bola internasional. Kami sangat antusias bekerja sama dengan Hyundai dan AFF untuk terus meningkatkan reputasi Hyundai Cup, memperkuat posisinya sebagai ajang yang paling diminati, serta mendukung ambisi Hyundai untuk menjadi pemimpin pasar di kawasan ini.”

Pengumuman ini disampaikan dalam konferensi pers di Jakarta hari ini. Adapun konferensi pers tersebut dihadiri oleh AFF President Major General Khiev Sameth dan General-Secretary Mr. Winston Lee, President Hyundai Motor Asia Pacific Mr. Sunny Kim, serta President and Chairman of the Board SPORTFIVE Asia, Mr. Seamus O’Brien. (*/yogi)
OTOBanten

OTOBanten.id

OTOBanten.id merupakan Media Online Berita Otomotif Seputar Banten dan Nasional

Post A Comment: