Serang - Tunas Toyota Serang mengajak 5 awak media untuk menjajal kenyamanan Toyota Yaris Cross Hybrid di tengah perkotaan kemarin.  Mengambil start di Diler yaitu di kawasan Kemang Kota Serang, para awak media diberi kesempatan menjajal sendiri sport hatchback pesaing Hyundai Creta dan Mitsubishi X force ini.

Begitu memasuki kabin kesan pertama yang dirasakan adalah mewah dan canggih dengan beragam fitur controling di bagian setir.
"Baru masuk aja sudah 'wah', elegan, canggih," ujar Susi Kurniawati awak media yang menjajal pertama.

Kesan lapang tak perlu dipertanyakan pada baris pertama. Dengan tinggi pengendara sekitar 165 cm, baik ruang kepala dan kaki masih memiliki tingkat kelapangan yang baik. 

"Joknya mudah distel naik turun dan pastinya sunroof nya ini loh yang bikin elegan dan berkelas," ujarnya sambil tersenyum.

Demikian juga ketika merasakan jadi penumpang pada baris kedua. Meski pada bawah jok terdapat baterai, namun tak mengganggu sisi kelapangannya.

Dengan kapasitas 5-seater, Yaris Cross Hybrid ini termasuk cukup menampung awal media  yang masuk. Ditambah bagian bagasinya yang sangat luas yaitu 452 bisa menampung beberapa barang bawaan awak media.

"Bagasinya bisa angkut banyak barang, istilahnya bisa pindah nih barang-barang di kosan," ujar Raden salah satu media.

Pada ruang kemudi, pengendara dimanjakan melalui konsep kokpit driver oriented yang sangat memudahkan ketika ingin mengakses beragam fitur, termasuk memantau informasi dari kendaraan via panel instrumen TFT 7 inci yang tampilannya memiliki empat pilihan desain.

Ditambah fitur parkir, kamera 360, plus dashcam yang terus merekam keadaan di depan selama perjalanan.
"Nah  kamera ini sangat canggih, bukan hanya bisa merekam setiap moment (gambar/ video) tapi juga suara baik di dalam ataupun di luar mobil," jelas Ana Sudarna Branch Manager Tunas Toyota Serang kepada awak media.

Makin kental lagi dengan keberadaan panoramic glass roof dengan power sunshade yang membentang dari baris pertama hingga kedua. 

Fitur panoramic sunroof ini lah yang menjadi pembahasan awak media selama perjalanan.
"Meski belum bisa terbuka full seperti Innova Zenix, tapi cukup keren lah untuk nikmati cuaca cerah saat berkendara," tambah Cipou awak media yang sibuk merekam buka-tutup sunroof.

Perjalanan dari Diler ke Pasar Induk Rau (PIR) yang berjarak sekitar 3,5 kilometer dan memakan waktu sekitar 10 menit harus melewati beberapa jalan dengan kontur 'rusak' khas Kota Serang. 

Saat di tikungan menuju Mal of Serang yang jalannya sedikit berlubang dan menikung tajam, tim menjajal akselerasi dan suspensi Yaris Cross yang hasilnya sangat nyaman meski sedikit dipaksa 'nge-gas' di 50 km/jam.

Begitu juga saat dipacu di jalan mulus di sekitaran Pos PJR Serang Timur menuju PIR dengan lalu lintas yang ramai, fitur Blind Spot Monitoring otomatis sensor aktif ketika mendeteksi ada kendaraan yang berada di area blind spot. 

Pengendara akan mendapatkan notifikasi berupa suara dan ikon yang menyala di spion sesuai arah datangnya kendaraan. Tentu saja fitur ini akan membantu pengendara saat akan bermanuver di jalan. 
Terakhir yang bikin awak media tercengang adalah konsumsi bahan bakar Yaris Cross Hybrid ini yaitu 31 km / liter. 

Dengan rute test Drive Kemang - PIR - Stadion Maulana Yusuf - MoS - Kemang yang memakan jarak sekitar 6 kilometer, Yaris Cross Hybrid hanya mengonsumsi sekitar  200 - 250 mililiter atau bahasa lainnya hanya membutuhkan bahan bakar setara 1 minuman gelas.

"Iritnya bukan main, karena sudah menggunakan mesin 2NR-VEX 1.496 cc bertransmisi e-CVT mampu catatkan konsumsi bensin yang luar biasa irit," imbuh Susi mengakhiri sesi test Drive. (yogi)

OTOBanten

OTOBanten.id

OTOBanten.id merupakan Media Online Berita Otomotif Seputar Banten dan Nasional

Post A Comment: