Jakarta - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi truk dan bus Mitsubishi Fuso, optimistis mampu menggapai penjualan sebanyak 55.000 unit pada 2019, selain memperkuat capaian pangsa pasar absolut hingga 45%.

Dengan capaian itu, maka posisi Mitsubishi sebagai pemimpin pasar untuk segmen truk tak akan tergoyahkan, demikian penjelasan KTB dalam keterangan resminya di Jakarta, Senin (11/3/2019).

Menurut KTB, target itu bukan sekadar target, tapi didasarkan pada performa serta tren permintaan kendaraan niaga, yang menunjukkan pertumbuhan signifikan. Pada 2018 misalnya, Mitsubishi Fuso memimpin pasar dengan perolehan market share sebesar 43,9% serta 51.132 unit truk terjual, meningkat 20,8% dibandingkan tahun sebelumnya.

Secara rinci, Colt Diesel di segmen light duty truck (LDT) masih menjadi kontributor terbesar dengan raihan penjualan 45.257 unit, serta menguasai market share absolut 58,1%. Sedangkan pertumbuhan FUSO yang bermain di segmen medium duty truck (MDT), meningkat signifikan penjualannya hingga 41,8%, atau 5.811 unit. Sisanya 64 unit disumbang oleh Tractor Head di segmen heavy duty truck (MDT).

Berdasarkan capaian serta proyeksi 2019, maka KTB membidik pertumbuhan yang dapat memenuhi permintaan pasar. Target 55.000 unit pada 2019 ini, terdiri dari 47.000 unit LDT serta 7.000 unit MDT dan HDT. Untuk memenuhi target tersebut, KTB mempersiapkan strategi dari sisi produk dan layanan purna jual.

Tercatat 9 varian Fighter sudah dipasarkan di awal tahun dan penambahan 7 varian akan segera meluncur. Tidak hanya varian baru, produk eksisting Colt Diesel dan FUSO akan disempurnakan, sehingga dapat lebih menyesuaikan kebutuhan bisnis konsumen.

“Tingginya populasi truk Mitsubishi Fuso di jalan, otomatis layanan purna jual juga dapat dipastikan meningkat,” kata KTB.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, KTB didukung oleh jaringan terluas dengan 230 dealer resmi, 15 Truck Center, 19 Parts Depo, 107 Mobile Workshop, 5.100 part shop, serta lebih dari 1.500 team tersebar di seluruh dealer yang akan mendukung konsumen.

Jaringan ini akan bertambah lebih banyak lagi, serta didukung beragam program layanan purna jual, di antaranya fleet workshop, konsinyasi suku cadang, serta suku cadang FUSO Value Parts.

Sejak diperkenalkan pada 2018 lalu, FUSO Value Parts memungkinkan konsumen mendapat pilihan suku cadang yang lebih terjangkau. FUSO Value Parts tersedia untuk seluruh produk Mitsubishi Fuso, termasuk produk paling baru sekali pun.

Selain fokus pada penjualan produk dan layanan purna jual kepada konsumen, KTB juga berkontribusi melalui program Tanggung Jawab Sosial yang memberdayakan masyarakat Indonesia.

Salah satu program Tanggung Jawab Sosial berkelanjutan yang digagas KTB adalah FUSO Vocational Program dalam membina Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sehingga dapat mencetak tenaga ahli kompeten dengan kriteria sesuai dengan kebutuhan industri 4.0.

FUSO Vocational Program membina SMK mulai dari pemberian unit truk beserta mesin untuk praktik, pelatihan berkala bagi tenaga pengajar serta siswa, kompetisi kemampuan tingkat nasional, hingga membimbing siswa dalam mempersiapkan diri memasuki dunia kerja profesional dengan mengajak karyawan KTB sebagai relawan untuk berbagi pengalaman.

Target dan strategi telah dipersiapkan, KTB optimistis 2019 akan menjadi tahun luar biasa di mana KTB akan tetap mempertahankan Mitsubishi Fuso sebagai Truk No.1 di Indonesia. (*/ygi)
OTOBanten

OTOBanten.id

OTOBanten.id merupakan Media Online Berita Otomotif Seputar Banten dan Nasional

Post A Comment: