Jakarta - Belasan tahun sudah Toyota Avanza hadir di pasar otomotif Indonesia, tepatnya 14 tahun, dan selama itu juga Avanza telah sukses merajai penjualan mobil di Tanah Air. Hadirnya berbagai pesaing bahkan tidak mampu menggeser posisi Avanza dari singgasananya di puncak.
Hadir membuka segmen baru yakni Low MPV (Multi Purpose Vehicle) yang menggantikan naik kelasnya Kijang menjadi Innova, Avanza tidak hanya berhasil menguasai segmennya sendiri, bahkan pasar otomotif nasional secara keseluruhan. Ya, Avanza menjadi mobil terlaris di Indonesia.
Lahir di tahun 2003, tepatnya di GAIKINDO Auto Expo, tanpa lawan sepadan di pasar otomotif Indonesia, Avanza langsung melejit laris manis. Secara reguler Avanza berhasil dibeli oleh masyarakat bahkan sampai ratusan ribu unit setiap tahunnya, sejak dipasarkan pada 2004.
Memasuki tahun 2007, pabrikan lain kemudian berusaha merebut ‘potongan kue’ dari Avanza, dengan meluncurkan produk yang diklaim lebih baik dari sang pemimpin. Sejak itu, secara bertahap menyusul beberapa pabrikan lain yang juga mencoba melakukan langkah sama.
Hingga saat ini di 2017, setidaknya sudah ada enam produk pesaing yang hadir untuk berusaha ‘menggulingkan’ Avanza di segmen Low MPV. Namun nyatanya, jangankan mengalahkan Avanza yang laku ratusan ribu unit, mereka hanya bisa ‘mentok’ laku di angka puluhan ribu.
Puncak kesuksesan Avanza datang pada tahun 2013, di mana Toyota berahsil mencetak penjualan sebanyak 213.458 unit, saat pasar otomotif nasional juga sedang sangat bergairah. Di tahun itu juga, Avanza sudah memiliki setidaknya tiga produk pesaing, di mana pesaing terdekat hanya mampu mencetak di angka 63.318 unit.
Toyota tidak diam begitu saja mendapat perlawanan cukup kuat dari para kompetitornya, tercatat Avanza telah mengalami penyegaran model masing-masing pada tahun 2011 dan 2015. Penyegaran versi 2015 menjadi yang paling signifikan, membuat Avanza mendapat label “Grand New”.
Selain itu, Toyota juga hadirkan varian lebih mewah untuk Avanza bersamaan dengan penyegaran pertama di 2011, dengan nama Veloz.
Tidak hanya melalui kualitas dan fungsionalitas sebagai kendaraan keluarga, Avanza menguasai pasar juga didukung dengan pelayanan purna jual terbaik dari jaringan Toyota di seluruh Indonesia. Maka tidak heran, dengan populasi telah melampaui 1,5 juta unit membuat Avanza dijuluki “Mobil Sejuta Umat”. (*/dp)
Post A Comment: