Jakarta - Angka penjualan sepeda motor secara total pada tahun lalu mencapai 5.931.285 unit. Angka ini menurun sekitar 8 persen dibandingkan pencapaian 2015 yang menembus angka 6.480.155 unit.

Astra Honda Motor (AHM) masih menjadi penyumbang penjualan terbesar dengan total  4.380.888 unit. Sedangkan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) ada di posisi kedua dengan capaian 1.394.078 unit.

Direktur Penjualan YIMM, Sutarya, sedikit memberikan prediksi pada tahun ini. Menurut dia, pencapaian pada tahun lalu sudah sangat bagus melihat kondisi pasar yang sedang menurun. Hanya saja, tahun ini dinilai Sutarya masih sulit untuk bergerak melebihi pencapaian tahun lalu.

"Kalau bicara target tentu saja naik. Target kita (Yamaha) pasti naik setiap tahunnya. Hanya saja, menurut saya, tahun ini masih sulit buat naik," jelas Sutarya, Minggu (29/1/2017).

Sutarya melanjutkan, pada awal tahun ini saja masyarakat sudah dikejutkan dengan kenaikan tarif surat kendaraan. Kenaikan tarif bukan pajak ini meski tidak terlalu besar angkanya, tetapi berpengaruh pada harga jual.

"Kenaikan tarif pengurusan surat kendaraan ini berpengaruh pada segmen menengah ke bawah. Sementara di segmen itulah justru sumber penjualan terbesar para produsen, termasuk Yamaha," jelas Sutarya lagi.

Sutarya hanya berharap kondisi ekonomi akan segera membaik hingga bisa merangsang daya beli masyarakat, sambil ditambah dengan Model-Model baru yang ditawarkan. (*/ko)
OTOBanten

OTOBanten.id

OTOBanten.id merupakan Media Online Berita Otomotif Seputar Banten dan Nasional

Post A Comment: