Tokyo - Bridgestone Corporation, sebagai sponsor utama ajang balap mobil tenaga surya paling bergengsi di dunia—Bridgestone World Solar Challenge 2025 (BWSC) yang diselenggarakan di Australia pada 24 – 31 Agustus—menyediakan ban dengan teknologi ENLITEN®*2, yang mengandung lebih dari 65% material daur ulang dan terbarukan.
*3 Untuk pertama kalinya, Bridgestone menerapkan carbon black hasil daur ulang dan baja daur ulang — yang dikembangkan dan diproduksi melalui kerja sama dengan mitra — pada ban BWSC. Selain itu, Bridgestone juga mengurangi jumlah ban yang digunakan selama acara, menerapkan logistik rendah karbon, serta
mempromosikan daur ulang pasca-pemakaian. Upaya ini menandai evolusi langkah keberlanjutan Bridgestone di sepanjang rantai nilai ban BWSC. Secara khusus, tim yang menggunakan ban berteknologi ENLITEN berhasil meraih kemenangan di kelas Challenger dan Cruiser.
1. Bahan Baku & Pengadaan: Meningkatkan rasio material daur ulang dan terbarukan hingga lebih dari
65% melalui kolaborasi dengan sejumlah mitra.

- Carbon Black Daur Ulang:
Bekerja sama dengan ENEOS Corporation, Bridgestone mengembangkan teknologi pirolisis presisi untuk mendaur ulang material seperti carbon black dari ban daur ulang. Untuk pertama kalinya, carbon black hasil daur ulang yang diproduksi di Bridgestone Innovation Park (Kota Kodaira, Tokyo) digunakan pada ban
BWSC*4*5

- Baja Daur Ulang:
Ban daur ulang yang dikumpulkan di Bridgestone Tire Recycle Center Osaka digunakan untuk memproduksi baja daur ulang di tungku listrik milik Sanyo Special Steel Co., Ltd. Baja tersebut kemudian
digulung dan diproses panas oleh Nippon Steel Corporation menjadi kawat bead (material penguat ban), yang untuk pertama kalinya diadopsi pada ban BWSC.

2. Pengembangan: Menyediakan ban canggih dengan teknologi ENLITEN
Dengan mengadopsi teknologi ENLITEN—teknologi dasar desain produk Bridgestone—perusahaan mengupayakan pengurangan dampak lingkungan dan menghadirkan ban yang disesuaikan dengan kebutuhan kinerja mobil tenaga surya, termasuk hambatan gulir rendah, konstruksi ringan, serta ketahanan aus yang tinggi. Ban ini membantu memaksimalkan performa kendaraan di bawah kondisi ekstrem BWSC, mendukung perjalanan aman dan andal sepanjang ±3.000 km.

Selain itu, Bridgestone juga memasukkan Twaron Next®, material aramid baru dengan kandungan sirkular yang dikembangkan oleh Teijin Aramid, sehingga lebih meningkatkan kinerja produknya lebih ramah lingkungan.

3. Produksi & Logistik: Transportasi Rendah Karbon
Bridgestone menggunakan solusi GoGreen Plus dari DHL untuk pengangkutan ban BWSC. Dengan memanfaatkan bahan bakar laut yang ramah lingkungan, perusahaan berhasil mengurangi emisi CO₂ hingga 85% di seluruh siklus bahan bakar—mulai dari produksi, transportasi, penyimpanan, hingga penggunaan di kapal (Well-to-Wake).

4. Penggunaan: Mendorong Penggunan Jumlah Ban yang Lebih Sedikit di BWSC
Ketahanan aus yang ditingkatkan pada ban ENLITEN® memperpanjang jarak tempuh, sehingga jumlah ban per tim dapat dikurangi dari 24 menjadi 16.

5. Daur Ulang: Mendukung Ban Daur Ulang
Bekerja sama dengan RubberGem yang berbasis di Australia, ban yang telah dipakai akan didaur ulang menjadi lantai karet berkualitas tinggi untuk digunakan di lahan pertanian di seluruh dunia.

Tim yang menggunakan ban berteknologi ENLITEN dari Bridgestone memenangkan kelas Challenger dan Cruiser. Ini menandai kemenangan ketiga berturut-turut di kelas Challenger sejak 2019, serta kemenangan keempat berturut-turut di kelas Cruiser sejak 2017 untuk tim yang menggunakan ban Bridgestone.

Melalui dukungannya pada BWSC, Bridgestone menegaskan komitmennya untuk menjadi bagian penting dari masa depan mobilitas dengan mempercepat inovasi menuju masyarakat mobilitas berkelanjutan serta mendorong generasi engineer berikutnya.

Komentar dari Tim Pemenang & Eksekutif Bridgestone:
Pemenang Kelas Challenger – Elias Wawoe, Brunel Solar Team (Delft University of Technology) “Terakhir kali kami menang di BWSC adalah delapan tahun lalu, dan sejak itu kami terus berupaya untuk kembali menjadi juara dunia. Ban Bridgestone tampil luar biasa, terutama dalam ketahanan aus, mendukung perjalanan kami menuju kemenangan. Ban BWSC ini adalah contoh nyata bagaimana keberlanjutan dipercepat melalui ban; lewat ajang ini, upaya tersebut ditampilkan. Kami ingin menunjukkan kombinasi inovasi dengan tekad menuju masa depan berkelanjutan.”

Pemenang Kelas Cruiser – Kelvin To, VTC Solar Car Team (Hong Kong Institute of Vocational Education): “Kami telah mengikuti BWSC selama lebih dari sepuluh tahun, dan kemenangan ini sangat berarti bagi kami. Para mahasiswa teknik dan desain kami mengaplikasikan ilmu di kelas pada proyek nyata sejauh 3.000 km di BWSC. Kami ikut serta untuk menunjukkan teknologi terbaru energi terbarukan dan menjadi bagian dari kekuatan yang mendorong masa depan berkelanjutan. Ban Bridgestone sangat andal—tidak ada kebocoran meskipun melewati pasir, kerikil, dan lubang—serta membantu kami menghemat banyak energi selama perjalanan.”

Pemenang Penghargaan Bridgestone E8 Commitment – Joel Pitts, Iron Lions Solar Car Team (Greenville High School): “Kami sangat terhormat menerima Penghargaan Bridgestone E8 Commitment. Para siswa dan dosen kami memiliki tujuan membangun mobil tenaga surya kelas dunia yang lolos kualifikasi dan bersaing di kelas Challenger. Pengakuan ini menegaskan komitmen dan tekad kami untuk menjadi tim solar kelas dunia.”

Hiroshi Imai, Vice President and Senior Officer, Global Motorsports, Bridgestone Corporation: “Saya ingin menyampaikan rasa terima kasih yang tulus kepada semua tim, staf, keluarga, penyelenggara,
serta para relawan yang telah berkontribusi pada kesuksesan BWSC. Sangat menginspirasi menyaksikan
semangat semua pihak yang terlibat bersatu menciptakan acara luar biasa ini. Kami bangga bahwa ban berteknologi ENLITEN kami mendukung tidak hanya tim pemenang tetapi juga banyak tim lain sepanjang kompetisi. Sebagai pemasok ban sekaligus sponsor utama, Bridgestone tetap berkomitmen untuk mendukung
terwujudnya mobilitas sustainability serta pengembangan engineer dan pemimpin masa depan melalui BWSC."

Dengan penuh semangat, kami terus menantang batas bersama tim dan berupaya menerapkan inovasi yang
lahir dari ‘laboratorium bergerak’ ini pada aktivitas motorsport global berkelanjutan di masa depan. (*/yogi)
OTOBanten

OTOBanten.id

OTOBanten.id merupakan Media Online Berita Otomotif Seputar Banten dan Nasional

Post A Comment: