Jakarta -  PT Astra Honda Motor (AHM) menggelar program training wirausaha AHM The Youthpreneurship 2017 untuk mendorong kemandirian ekonomi alumni SMK mitra binaan yang mulai merintis usaha perbengkelan.

Sebagai bagian dari rangkaian program Satu Hati Education Program (SHEP), AHM The Youthpreneurship 2017 ini digelar untuk meningkatkan kualitas lulusan SMK yang terampil sekaligus siap menjalankan usahanya sendiri. AHM The Youthpreneurship 2017 angkatan pertama digelar di Astra Honda Training Center Jakarta (20-24/11) dan diikuti oleh 20 peserta lulusan SMK Teknik Sepeda Motor (TSM) Astra Honda dari 15 area main dealer sepeda motor Honda. Mereka berasal dari Pulau Sumatera (8 peserta), Pulau Jawa (8 peserta), Pulau Bali (1 peserta), dan Pulau Kalimantan (3 peserta). Program ini turut didukung oleh Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA).

Untuk dapat mengikuti program kewirausahaan ini, para lulusan siswa SMK TSM Astra Honda diseleksi di tingkat regional oleh jaringan main dealer Honda. Peserta pelatihan yang terpilih telah memenuhi kriteria utama seleksi, yaitu telah menjalankan usaha bengkel baik secara mandiri dan/atau bekerjasama dengan pihak lain minimal satu tahun. Kriteria ini ditentukan untuk menemukan lulusan SMK TSM Astra Honda yang paling siap berproses mengembangkan usaha bengkel dengan lebih berkualitas, cakupan usaha lebih luas, dan memiliki manajemen usaha yang baik.

Program AHM The Youthpreneurship 2017 dibuka oleh Direktur HR,GA,IT AHM Markus Budiman (20/11). Dalam sambutannya, Markus memotivasi peserta agar berani bermimpi dan menyiapkan rencana terbaik untuk meraih mimpi mereka di bidang usaha bengkel yang profesional. Untuk dapat membangun bisnis bengkel yang sukses, alumni SMK mitra binaan Honda ini harus tangguh dan siap bangkit dari kegagalan.

AHM menyiapkan materi latihan kewirausahaan ini secara komprehensif meliputi pembentukan mental dan motivasi kewirausahaan, pelatihan teknis kewirausahaan, pengenalan konsep Lingkungan Keselamatan Kesehatan Kerja (LK3), pelatihan managemen bengkel, dan penguatan pemahaman teknis sepeda motor.

Selain pembinaan dari tim AHM, peserta juga mendapat pembekalan mental dan motivasi kewirausahaan dari pakar enterpreneur nasional Agung Sungkono. Peserta juga mendapatkan wawasan langsung dari pengusaha bengkel sukses Heri Cahyono yang merintis usaha dari awal hingga memiliki usaha bengkel hampir di seluruh Indonesia. Untuk meningkatkan kualitas bengkel, peserta juga mendapat dukungan peralatan kerja di bengkel masing-masing berupa professional mechanical tools serta alat ukur vernier caliper dan digital multimeter.

Deputy Head of Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin yang turut menemani peserta dalam rangkaian kegiatan AHM The Youthpreneurship 2017 (23/11) mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari upaya AHM mendukung usaha pemerintah melahirkan wirausaha muda. Program “The Youthpreneurship 2017” yang diikuti lulusan SMK TSM Astra Honda terbaik ini diharapkan mampu melahirkan enterpreneur muda handal di sektor kerja informal perbengkelan. 

“Bengkel sepeda motor adalah bidang usaha yang menjanjikan untuk dikembangkan. AHM melihat kesempatan tersebut mampu diambil oleh para lulusan SMK TSM Astra Honda. Mereka sudah memiliki kemampuan teknik yang baik dari pembinaan komprehensif di sekolah. Ditambah dengan pelatihan wirausaha, kami yakin mereka mampu menjadi pengusaha bengkel yang tak hanya ahli namun juga mampu mengembangkan bisnisnya”, ujarnya.

AHM memberikan wawasan kepada siswa SMK TSM Astra Honda bahwa mereka memiliki banyak ruang untuk berkembang setelah mereka lulus. Bagi yang ingin melanjutkan kerja, mereka bisa mencoba mengikuti seleksi kerja di outlet Astra Honda (dealer, AHASS, part shop) atau di industri manufaktur otomotif (AHM, supplier AHM). Bagi yang ingin melanjutkan pendidikan, mereka bisa mencoba seleksi beasiswa khusus alumni di Polman Astra. Sedangkan, bagi yang ingin berwirausaha, mereka bisa mencoba kesempatan untuk mendirikan bengkel mitra Astra Honda atau mengikuti seleksi pembinaan program AHM The Youthpreneurship 2017. (*/yogi)
OTOBanten

OTOBanten.id

OTOBanten.id merupakan Media Online Berita Otomotif Seputar Banten dan Nasional

Post A Comment: