Jakarta - Selain busi racing milik NGK atau dikenal busi merah yang didesain khusus untuk mesin berperforma tinggi (mesin balap). NGK juga memiliki beberapa pilihan busi yang diperuntukkan harian namun dapat digunakan sebagai alternatif di saat balapan.

Antara lain; G-Power, generasi busi berbahan platinum yang hanya dimiliki oleh NGK. Dirancang khusus untuk kendaraan yang membutuhkan respon cepat dengan ketahanan yang lebih baik dari model standard.

Lainnya yakni Iridium. Produk dengan ciri khas berwarna biru dengan material iridium diklaim mampu bertahan pada tingkat panas tinggi. Selain itu, Iridium memiliki pertumbuhan inti api cepat meluas sehingga responsivitasnya tinggi, tahan lama dan anti karbon fouling.

Untuk itu, banyaknya pilihan busi berperforma tinggi dipasaran maka dibutuhkan ketepatan memilih agar sesuai di tunggangan balap Anda.

Mulai dari memperhatikan bentuk metal sheel (kepala busi). Ini harus disesuaikan dengan blok mesin dan langkah piston, jika salah memilih akan berakibat fatal yaitu piston akan menabrak busi dan menyebabkan kerusakan di ruang bakar.

Selanjutnya, cek bentuk elektroda dan kepala busi. Pilihan busi yang baik adalah mampu menahan efek quenching dengan cepat, agar inti api tetap terjaga baik. Oleh karena, itu bentuk elektroda dan kepala busi berperan dalam hal tersebut.

Perhatikan ingkat panas. Dalam proses transfer panas yang diterima busi kemudian disalurkan ke blok mesin dapat kita tentukan dengan memilih angka yang tertera pada busi itu sendiri. Apakah itu busi panas atau busi dingin.

Terakhir, resistor pemakaian teknologi dalam mengatur sistem pengapian menjadikan busi dengan tipe resistor wajib digunakan untuk menghindari adanya gangguan pulse elektrik, yang dapat menyebabkan mesin bermasalah. (*/dp)
OTOBanten

OTOBanten.id

OTOBanten.id merupakan Media Online Berita Otomotif Seputar Banten dan Nasional

Post A Comment: