Jakarta - Puncak dari penyelenggaraan Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2016 oleh Adira Insurance akhirnya tiba, dengan pemberian penghargaan kepada kota-kota yang telah menunjukkan dan menjalankan program terkait keselamatan berkendara.

IRSA 2016 digelar dengan berbagai perbaikan untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan program, terkait pada penambahan jumlah jalan untuk observasi, meningkatkan kuota responden survei pejalan kaki, dan beberapa perbaikan lain agar penilaian semakin objektif dan komprehensif.

Pemenang ditentukan dari berbagai rangkaian tahapan kegiatan, yaitu tahap Pendaftaran dan Shortlisting dengan metode partisipatif dan rekomendasi.

Dari 100 peserta, kemudian terpilih 17 kota dan kabupaten finalis berdasarkan data keselamatan seperti jumlah penduduk, jumlah kendaraan, jumlah kecelakaan, panjang jalan, jumlah fatalitas, dan data pendukung lainnya. Data tersebut kemudian disurvei dan observasi lapangan untuk mengukur kualitas penerapan tata kelola keselamatan jalan terbaik.

“Kami sangat gembira melihat lahirnya program-program inovatif baru yang secara serius diterapkan oleh pemerintah kota dan kabupaten setempat. Program baru ini diharapkan dapat menjadi langkah preventif yang baik dalam menekan angka kecelakaan jalan di wilayahnya masing-masing,” kata CEO Adira Insurance, Indra Baruna.

IRSA diharapkan dapat menjadi motivasi dan inspirasi bagi para pemerintah kota dan kabupaten lainnya di seluruh Indonesia, sehingga penerapan tata kelola keselamatan jalan di Indonesia semakin baik dan seluruh lapisan masyarakat terus berupaya menjaga keselamatan di jalan, serta angka kecelakaaan semakin turun. (*/dp)
OTOBanten

OTOBanten.id

OTOBanten.id merupakan Media Online Berita Otomotif Seputar Banten dan Nasional

Post A Comment: