Jakarta - Dalam bisnis otomotif, shop manager merupakan orang yang bertanggung jawab terhadap kelangsungan bisnis sebuah dealer baik di sales, service, ataupun spare part. Mereka lah yang memegang kendali dalam penjualan sepeda motor sehingga kualitas shop manager sangat menentukan kemajuan bisnis dealer.

Mengingat pentingnya peran shop manager, pekan lalu PT. Yamaha Indonesia Motor Mfg. (YIMM) menyelenggarakan National Shop Manager Competition. Pelaksanaan shop manager competition 2017 ini merupakan kali ke-2 dalam penyelenggaraannya.

Event ini bertujuan untuk memperkuat fungsi shop manager serta budaya Yamaha Philosophy di dealer dan pada akhirnya diharapkan dapat memacu shop manager untuk berprestasi dengan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan Yamaha.

Untuk menjadi pemenang di tingkat nasional, seorang shop manager harus melalui tahapan seleksi dari tingkat regional sampai kompetisi nasional. Mereka harus menyisihkan lebih dari 1.300 shop manager dari seluruh Indonesia.

Yamaha National Shop Manager Competition 2017Peserta dan panitia national shop manager competition (Foto: Yamaha)

Di tingkat regional, shop manager harus melalui tahapan tes soft skill dan hard skill, serta kemampuan presentasi. Pemenang tahap regional berkesempatan mengimplementasikan ide-ide kreatif di dealernya masing-masing selama 2 bulan untuk dikompetisikan di tingkat nasional.

Di babak Grand Final, para finalis regional dari 31 area berkompetisi kembali untuk menjadi shop manager terbaik dengan diuji kemampuannya menyangkut pengetahuan 3S Concept baik sales, service, dan spare part. Selain itu, shop manager diuji kembali kemampuannya dalam menganalisa masalah dan problem solving. Di tahap akhir, shop manager diminta mempresentasikan hasil proyek dealernya di hadapan seluruh peserta dan tim juri.

Pada tahap Grand Final, keluar sebagai pemenangnya adalah Shop Manager dari area Medan Perli. Para Juri terkesan dengan proyek dealernya yang selaras dengan nilai-nilai Yamaha, yaitu 'Berfikir Kreatif, Out of The Box'.

Melalui proyeknya, Perli berhasil meningkatkan penjualan Mio S yang merupakan produk terbaru Yamaha dengan segudang fitur-fitur oke. Menyusul di urutan ke-2 dan ke-3 adalah Agung Lestari Addy dari Tegal dan Indra Molana dari Bogor.

Dengan event National Shop Manager Competition ini, shop manager akan lebih mempunyai fighting spirit untuk dapat menjadi Semakin di Depan! (*/yogi)
OTOBanten

OTOBanten.id

OTOBanten.id merupakan Media Online Berita Otomotif Seputar Banten dan Nasional

Post A Comment: