Jakarta – Toyota, Daihatsu, Isuzu, dan Peugeot, melambungkan Grup Astra sebagai penguasa pasar mobil nasional. Keempat merek yang berada di bawah payung grup raksasa itu memberikan kontribusi untuk meraih lebih dari separuh pasar, yakni 53 persen sepanjang Mei 2017.

Diolah dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), selama bulan kelima tahun ini, merek-merek yang tergabung dalam Grup Astra berhasil menjual 50.071 unit dari total pasar domestik 93.661 unit.

Raihan itu sudah cukup untuk menguasai market share selama Mei 2017 mencapai 53 persen. Tapi jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu, market share grup Astra ini turun dua persen.

Sementara, saat penjualan (whoelsales) ditotal selama lima bulan pertama 2017, Grup Astra sudah mendistribusikan 261.743 unit mobil, atau meraih pangsa pasar 56 persen dari total market domestik 467.067 unit.

Toyota masih menjadi kontributor terbesar grup raksasa otomotif nasional itu dengan penjualan Januari-Mei 2017 mencapai 173.964 unit. Lalu disusul Daihatsu dengan 80.878 unit. Kemudian Isuzu menyumbang 6.881 unit dan Peugeot 20 unit.

LCGC
Jika hasil itu dipilah lagi, grup Astra juga digdaya di segmen mobil murah ramah lingkungan (LCGC/ KBH2). Sejak Januari-Mei 2017, segmen ini dikuasai 78 persen dengan penjualan selama lima bulan itu mencapai 80.959 unit.

Hasil itu disumbangkan oleh duet city car Toyota Agya dan Daihatsu Ayla, lalu si kembar MPV 7-seater Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Total pasar LCGC sendiri dalam periode tersebut mencapai 104.388 unit. (*ko)
OTOBanten

OTOBanten.id

OTOBanten.id merupakan Media Online Berita Otomotif Seputar Banten dan Nasional

Post A Comment: