Bandung - PT Toyota Astra Motor (TAM) sudah mendistribusikan mobil LCGC new Agya ke berbagai wilayah di Indonesia. Mobil ini sudah dipesan sebanyak 3.900 unit sejak diluncurkan pada 7 April 2017.

Agya terbaru ditawarkan dalam dua tipe, yakni 1.000 dan 1.200 cc. Tipe 1.200 cc atau 1.2L paling banyak diminati, jauh berbeda dengan 1.0L.

"Tipe mesin 1.2L itu 96 persen, sisanya 1.0L paling kecil. Malah seharusnya target kami 92 persen," ujar PR Manager TAM, Rouli Sijabat, di Bandung, Jawa Barat, Jumat (12/5/2017).

Dijelaskannya, karakter konsumen di Indonesia menginginkan mobil yang bisa diajak kemana saja dengan medan jalan beragam, sehingga membutuhkan performa mesin yang mumpuni.

"Saat kami melakukan riset, umumnya saran dari para konsumen adalah lebih powerfull. Mungkin mereka melihat bawah mobil bisa dipakai dimana-mana dan yang namanya medan jalan misalnya ke Bandung ada tanjakan-turunan, belum lagi kadang-kadang dia bawa overcapacity," terang Rouli.

Mesin 1.2L yang digunakan Agya sama seperti LCGC 7-seater Calya. Namun ada penyesuaian pada Agya terkait dimensinya yang berbeda, lebih pendek.

"Memang kalau kami tambah engine baru harus improve yang lain juga. Dari sisi safety mesti di-improve. Disc brake yang depan diperbesar dari 12 ke13 inci. Kalau enggak begitu bisa overpower. Kalau pakai desain yang model lama, bisa kurang safety," tambahnya.

Penggunaan mesin 1.000 cc VVT-i tidak hanya membuat mobil lebih irit, tapi juga lebih bertenaga dengan power 67 ps, meningkat dibandingkan mesin sebelumnya yang 65,3 ps. Begitu juga dengan kehadiran Agya 1.200 cc dual VVT-i dengan power 88 ps. Agya 1.000 dan 1.200 cc menggunakan dua pilihan transmisi, yaitu manual lima percepatan dan otomatis empat percepatan. (*/oz)
OTOBanten

OTOBanten.id

OTOBanten.id merupakan Media Online Berita Otomotif Seputar Banten dan Nasional

Post A Comment: