Johor - Tes pra musim Asia Road Racing Championship (ARRC) musim 2017 mulai berlangsung di Sirkuit Johor, Malaysia, Rabu-Kamis (15-16/3). Musim ini, tim Yamaha Racing Indonesia (YRI), akan bertarung di tiga kelas yakni AP250 dan UB 150.

Di kelas AP250, tim YRI tetap dengan formasi yang sama yakni Galang Hendra, dan Rey Ratukore yang menjadi pebalap andalan guna merebut podium. Sementara di kelas UB150, Wahyu Aji yang menjadi andalan.

Ketiganya akan menjalani sesi tes pra musim. Pasalnya bagi tim YRI, tes pra musim sangat penting sebagai uji coba dari pengembangan ECU dan sasis kendaraan sebelum sesi balap.

“Kami akan melakukan serangkaian tes pra musim. Penting bagi kami untuk mengetahui performa motor, mengetahui level kami dan mempersiapkan motor untuk seri perdana,” ujar Wahyu Rusmayadi, Manajer tim YRI.

Tim Yamaha Racing Indonesia juga telah melakukan tes sebanyak 2 kali di Sirkuit Sentul, Bogor. Salah satu fokusnya adalah meningkatkan performa motor dengan perubahan ECU, dan juga perubahan bentuk fairing sebagai upaya menunjang peningkatan performa.

Kesiapan Pebalap
“Persiapan untuk musim ini sudah 80%. Target saya untuk mendapatkan hasil lebih baik yang didapat dari musim lalu,” ungkap Galang Hendra.

Sementara rekan setimnya, Rey Ratukore mengaku, sudah merasakan perubahan pada motor untuk musim ini. Hanya saja memang perlu dilakukan penyempurnaan dalam pemetaan mesin (mapping) saat test pra musim ini.

Sedangkan di kelas UB 150, Wahyu Aji juga mengikuti sesi tes pra musim. Pebalap yang tahun lalu memboyong gelar juara kelas UB130 ini akan mencoba motor baru yang akan dipakainya sepanjang musim 2017.

“Akan ada feeling yang berbeda dengan motor musim lalu, karena jika tahun lalu saya memakai bebek berkapasitas mesin 130 cc. Musim ini saya pakai motor bebek berkapasitas mesin 110 cc, pasti harus ada penyesuaian,” beber Wahyu Aji.

Bicara soal persiapan mesin. Hawadis mekanik YRI yang menangani motor Yamaha MX King 150 ini angkat suara. Dia mengaku bahwa sudah melakukan riset terhadap motor jauh hari, “Terutama penggunaan throttle body milik SYS Racing untuk mendukung kinerja mesin,” terang Hawadis. (*/dp)
OTOBanten

OTOBanten.id

OTOBanten.id merupakan Media Online Berita Otomotif Seputar Banten dan Nasional

Post A Comment: