Probolinggo - PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) mengajak puluhan jurnalis untuk mencoba secara langsung Kawasaki Versys-X 250 di kawasan Bromo, Jawa Timur.

Sesi test berlangsung dalam dua sesi, sesi pertama Kamis (23/2) di jalan aspal, di sekitar terminal Sukapura Probolinggo, sebelum naik ke Bromo.

Untuk test ride Versys-X 250 para jurnalis yang berjumlah 50 orang harus bergantian, karena pihak KMI hanya menyediakan tujuh unit Versys-X, yakni dua unit Versys-X 250 City dan lima unit Versys-X 250 Tourer.

Saat sesi test dapurpacu.com mendapat kesempatan perdana mencicipi Versys-X 250 City. Ketika duduk di atas motor yang memiliki tinggi jok 815 mm. Memang sedikit menjadi kendala, karena postur penulis setinggi 160cm sehingga harus jinjit menggunakan satu kaki.

Terbilang cukup nyaman ketika mulai melajukan motor dual-purpose ini. Didukung setang lebar, sehingga motor lebih terkesan ringan.

Jarak tempuh tes yang terbilang singkat hanya 15 km tak bisa lebih jauh mengeksplorasi “mesin Ninja” yang berpostur jangkung ini. Sehingga kurang maksimal mendapatkan impresi klaim tenaga 33,5 hp. Kami cukup memuji sentakan gear saat putaran bawah.

Berlanjut pada hari kedua (24/2), bermain di medan off-road, kesempatan mengeksplorasi juga terbatas, karena sekitar 5 km di kawasan pasir Gunung Bromo. Hanya terimpresi pada ukuran velg besar 17 inci di belakang dan velg 19 inci untuk depan.

Untuk suspensi depan teleskopik 41 mm cukup lumayan buat melibas jalan yang bergelombang, tapi untuk suspensi belakang monosok uni-track masih terasa keras, sepertinya disiapkan untuk yang ingin bermain “speed off-road”.

Meski kawasan Bromo memiliki jalur yang seuai dengan desain motor Versys-X 250, kami tidak diijinkan mencoba di jalur yang sedikit ekstrim. KMI beralasan, Versys-X 250 bukan untuk motor terabas namun sebagai motor touring saja.

“Versys X250 memang didesain bukan untuk melibas jalan off-road tapi semi off-road, Biasanya motor touring identik dengan cc besar, Versys X250 bisa menjadi pilihan para biker yang mengharapkan motor touring tapi dengan kapasitas mesin yang lebih kecil,” ujar  Hiroyuki Wada, Project Leader Versys-X 250 dari Engineer Department, R&D Division, Motorcycle & Engine company.

Kesimpulan
Kawasaki Versys-X 250 dipersiapkan bagi para bikers yang gemar menjelajah di medan aspal dan jalur utama yang aspalnya sedikit terkelupas. Tangki bahan bakar bervolume 17 liter, cocok untuk turing jarak pendek.

Jika ingin sok belakang lebih empuk harus disetting lagi pre-loadnya. Sementara rider setinggi 160cm harus hati-hati dengan motor berbobot 173 kg ini (Versys-X 250 Tourer – 184 kg), akan sedikit kualahan saat menemui jalur macet. (*/dp)
OTOBanten

OTOBanten.id

OTOBanten.id merupakan Media Online Berita Otomotif Seputar Banten dan Nasional

Post A Comment: