Jakarta – Honda Tiger ‘Naga Lima” yang menjadi pemegang gelar The Greatest Bike Suryanation Motorland 2016, sudah dikemas untuk siap terpajang di Yokohama Hot Rod Custom Show ke-25 (4/12).

Berangkat dari Jakarta, motor racikan M Yusuf Adib diterbangkan khusus selama 7 jam menggunakan kargo pesawat dan meluncur dengan truk menuju Yokohama Pasifico Hall.

“Untuk desain box packing motor menggunakan material khusus. Kami ingin motor milik Yusuf tiba di Jepang secara utuh dan tidak mengalami kendala selama perjalanan,” jelas Ari Kusumo Wibowo selaku Brand Manager Surya PT. Gudang Garam Tbk.

Selain kelengkapan legalitas yang harus dipenuhi, motor juga harus dikemas dengan standard sesuai dengan ketentuan pihak penyelenggara acara di Jepang yang ketat. Untuk material boxnya mengandalkan rangka besi dan covernya dengan spesifikasi khusus menyesuaikan dengan dimensi motor. Box ini juga nantinya yang akan dipakai untuk proses pengiriman motor kembali ke Indonesia.

Sementara itu untuk tampil di ajang Yokohama Hot Rod Custom Show, “Naga Lima” sudah mendapatkan beberapa penambahan ornamen untuk memukau pengunjung di booth nantinya. Beberapa bagian yang sudah mendapatkan perubahan adalah bagian moncong karburator yang sekarang sudah dilengkapi filter, grip gas dan bagian jok yang kini memiliki motif barong Bali yang menguatkan identitas Indonesia  dari Chetul Leather Art Yogyakarta. “Ukiran pada jok bertuliskan Pyscho Engine yang merupakan brand yang saya bangun dan logo Suryanation Motorland sebagai identitas motor ini.” Jelas M Yusuf Adib.

Terpilihnya motor modifikasi Yusuf dengan nama “Naga Lima” sebagai The Greatest Bike Suryanation Motorland 2016 tidak lepas dari hasil kerja keras penilaian tim juri Suryanation Motorland. Tim juri tersebut terdiri dari kalangan top builder yang dianggap paling kompeten dan pas untuk ajang Custom Bike Contest Suryanation Motorland 2016. Ketiga juri tersebut adalah: Tommy Dwi Djatmiko, Mastom Custom (Jakarta), Donny Ariyanto, Studio Motor (Jakarta) dan juga Lulut Wahyudi, Retro Classic Cycles (Yogyakarta). Seluruh juri ini nantinya juga akan berangkat ke Jepang bersama dengan para juara Custom Bike Contest Suryanation Motorland.

Setelah melalui berbagai pertimbangan dan diskusi panjang ketiganya sepakat memberikan gelar tertinggi untuk motor besutan Yusuf dari workshop Semangat Putra Motor, Purwokerto. “Dari keseluruhan peserta yang mengikuti ajang Suryanation Motorland 2016 saya melihat motor Yusuf yang paling radikal ubahannya, terutama pada sektor mesin. Bagi seorang builder membutuhkan ketelitian tinggi dan juga riset yang panjang untuk bisa menggarap mesin dengan 5 silinder ini berjalan dengan normal.” Jelas Donny Ariyanto salah satu juri.

Dari sisi estetika, salah satu juri yang banyak memberikan penilaian untuk bagian ini, Tommy Dwi Djatmoko memberikan pandangannya. “Dewan juri sepakat memilih motor Yusuf dengan berbagai pertimbangan. Menurut saya motor ini memang spesial, selama ini diluar negeri sana saya lihat sudah banyak yang melakukan custom engine. Tetapi ada juga yang sekedar hidup dan bentuknya tidak proporsional, secara estetika desainnya kaku.” lanjut pria lulusan Seni Rupa Institut Teknologi Bandung ini.

Mastom-panggilan akrabnya menambahkan, motor milik Yusuf secara konsep mesinnya luar biasa dan memiliki proporsi bentuk mesin yang bagus. Hal tersebut juga didukung dengan ubahan bodi mulai dari rangka, tangki, desain springer-nya yang membuat seluruh tampilan motor terlihat tegas. Sementara apabila dilihat dari atas bentuk mesin yang ada pada motor ini akan terlihat seperti membentuk bunga matahari.

Lulut Wahyudi, builder sekaligus owner workshop Retro Classic Cycles yang juga ketua dewan juri Suryanation Motorland berpendapat kalau  motor ini dapat mewakili kreativitas yang dimiliki bangsa kita. Dengan berbagai keterbatasan material dan mesin pendukung, terbukti dapat menghasilkan sebuah mesin dengan 5 silinder yang lahir dari sebuah kota kecil yaitu, Purwokerto. Ia menambahkan kalau “Naga Lima” layak disebut sebagai identitas custom khas Indonesia. Ini diyakininya akan bisa memberikan warna baru di dunia custom culture. “Bisa dilihat sekarang ini selain Yusuf sudah banyak lahir di Indonesia builder-builder handal yang mulai bereksplorasi dengan melakukan custom engine.” tutup ‘LT’ sapaan akrab Lulut. (*/dp)
OTOBanten

OTOBanten.id

OTOBanten.id merupakan Media Online Berita Otomotif Seputar Banten dan Nasional

Post A Comment: