Jakarta - Dirjen Perhubungan Darat mengungkapkan data korban meninggal dunia akibat kecalakaan lalulintas masih cukup tinggi.

Pudji Hartanto, selaku Dirjen Perhubungan Darat, mengatakan di dunia korban meninggal akibat kecelakaan mencapai 1,25 juta.

“Setiap tahun di seluruh dunia lebih dari 1,25 juta korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas dan 50 juta orang mengalami luka berat. Dari jumlah tersebut 90% terjadi di negara berkembang di mana jumlah kendaraannya meliputi 50% atau kurang lebih 54% dari jumlah kendaraan itu sendiri,” buka mantan Kapolda Sulawesi Selatan.

Bahkan menurut data yang disampaikan oleh Pudji, di Indonesia sendiri jumlah kejadian kecelakaan lalu lintas pada 2014 mencapai 98.970 kejadian, korban meninggal dunia 26.495 jiwa.

“Dari data 4 tahun lalu saat saya menjabat sebagai Kakorlantas, tercatat ada 98.970 kejadian, dengan korban meninggal dunia 26.495 jiwa,” tambah Pudji.

Pudji menambahkan, dalam satu jam di Indonesia, tercatat 3 orang meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas, dalam satu hari bisa mencapai 72-78 orang meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas.

“Mungkin teman-teman media sudah tahu, satu jam itu kalau terjadi kecelakaan lalu lintas kemudian meninggal dunia angkanya  satu jam 3 orang, jadi dalam satu hari itu rata-rata 72-78 orang meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas,” terangnya.

Pudji berharap, dengan adanya program dari Korlantas yang dulu pernah Ia canangkan saat menjabat sebagai Kakorlantas yakni Program Rencana Umum Nasional Keselamatan (RUNK) yang dideklarasikan pada 2011 mampu mengurangi angka kecelakaan lalu lintas.

“Tingginya angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia menjadi perhatian penting bagi kami, jadi pada waktu saat saya menjadi Kakorlantas, kami mencanangkan sebuah program Rencana Umum Nasional Keselamatan (RUNK). Yang merupakan Dekade Aksi Keselamatan Jalan yang dideklarasikan dari mulai tahun 2011-2020, berharap angka kecelakaan lalu lintas bisa menurun sampai 50% pada saatnya atau pada tahun 2020,” tegas Pudji. (*/dp)
OTOBanten

OTOBanten.id

OTOBanten.id merupakan Media Online Berita Otomotif Seputar Banten dan Nasional

Post A Comment: