Jepang - Di sela-sela akhir pekan F1 Jepang 2016, beredar kabar akan terjadinya pertukaran pebalap antara tim Force India dan Renault untuk tahun depan. Situasi ini sedikit membuka peluang Rio Haryanto kembali membalap di musim F1 2017.

Renault santer disebut akan merombak total susunan pebalapnya untuk 2017. Nama Nico Hulkenberg menjadi sorotan utama, diisukan akan meninggalkan Force India ke Renault.

Menurut Auto Bild, Hulkenberg bahkan telah menyepakati kontrak dengan Renault, yang kemungkinan besar akan diumumkan sebelum seri F1 Amerika Serikat 2017. Posisi kursi pebalap kedua Renault pun semakin panas diperebutkan, menyusul Kevin Magnussen dan Jolyon Palmer dikabarkan akan didepak.

Valtteri Bottas pun menjadi nama lain yang menjadi incaran pabrikan asal Perancis itu, sementara posisinya di Williams belum dipastikan untuk tahun depan. Namun untuk ke Renault, Bottas masih harus bersaing dengan Esteban Ocon, pebalap Manor yang juga sempat menjadi pebalap tes Renault.

Peluang Ocon tampak lebih kecil untuk ke Renault, di mana Mercedes, yang juga menjadi ‘pemiliknya’ ingin mempertahankannya mengasah kemampuan bersama Manor.

Bicara soal Manor, pebalap binaan Mercedes lainnya, Pascal Wehrlein menjadi kandidat kuat untuk naik kelas ke Force India, tim yang juga bermesin Mercedes. Nantinya, Wehrlein akan berduet dengan Sergio Perez yang baru saja mendapat kontrak baru.

Praktis, jika situasi di atas benar, maka Manor kembali menjadi peluang realistis bagi Rio Haryanto untuk bisa kembali balap di F1. Dengan sinyal positif soal sponsor baru yang sempat dikatakan Rio, semoga 2017 bisa menjadi musim lebih baik bagi pebalap F1 pertama dari Indonesia ini. (*/dp)
OTOBanten

OTOBanten.id

OTOBanten.id merupakan Media Online Berita Otomotif Seputar Banten dan Nasional

Post A Comment: