Jakata - Sektor industri transportasi dan logistik kendaraan niaga saat di Indonesia saat ini semakin bergairah seiring meningkatnya infrastruktur. Topik ini pun menyentil Forum Wartawan Otomotif Indonesia (FORWOT) untuk menggelar diskusi tematik berkaitan dengan industri niaga dan logistik.

Digelar hari Rabu (26/10), di Hotel Sheraton Gandaria, Jakarta Selatan, diskusi kali ini mengangkat tema “Menstimulus Industri Logistik & Kendaraan Niaga di Indonesia”, yang sekaligus mengulas perkembangan dan tren penjualan pada sektor tersebut.

Diskusi kali ini pun menghadirkan dua pembicara, masing-masing Wakil Ketua Umum Asosiasi Logistik dan Freight Forwarders Indonesia (ALFI) Iman Gandi dan Hery Lazuardi, Pemimpin Redaksi Translogtoday.

Imam Gandi mengatakan bahwa tren pertumbuhan e-commerce dengan perputaran uang hingga 300 miliar US$ saat ini disambut baik oleh pebisnis logistik, di tengah lesunya ekonomi nasional.

“Pebisnis logistik bisa mengambil keuntungan ekonomi dari industri ini melalui layanan angkutan pengiriman barang yang ditransaksikan berikut manajemen pergudangannya. Ini karena pelaku industri e-commerce tidak mengelola sendiri manajemen logistik dan pengiriman barangnya ke pelanggan (diserahkan ke pihak ketiga),” kata Iman.

Sementara Hery Lazuardi menyebut bahwa Indonesia sebagai negara kepulauan sangat membutuhkan sarana dan prasarana transportasi masif dan merata hingga daerah pelosok. “Tak hanya jalan, jembatan, pelabuhan dan bandara, tapi juga alat angkut publik yang mendukung pergerakan manusia dan barang dengan cepat, aman dan efisien,” ungkapnya.

Hery  pun berpendapat agar pemerintah membuat kebijakan baru di bidang logistik yang komprehensif agar tidak lagi memunculkan persoalan baru seperti kebijakan tumpang tindih, termasuk kebijakan pusat dan daerah, yang berdampak negatif bagi industri logistik Tanah Air.

Sebagai salah satu pelaku pada industri ini, PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) mendukung penuh acara diskusi ini, mengungkap optimismenya akan perkembangan pasar kendaraan niaga di Indonesia seiring bertumbuhnya industri jasa transportasi dan logistik. Harga komoditas yang menunjukkan kenaikan pun menjadi harapan Tata untuk meningkatkan kebutuhan kendaraan niaga. (*/dp)
OTOBanten

OTOBanten.id

OTOBanten.id merupakan Media Online Berita Otomotif Seputar Banten dan Nasional

Post A Comment: