net

Malang - Indonesia menjadi tuan rumah  kejuaraan FIM (Federation Internationale de Motorcyclisme ) Asia Supermoto putaran kedua. Lokasi diselenggarakannya  balap motor aspal dan tanah itu terletak di Batu Bengkung Beach, Jawa Timur, sekitar 60 kilometer dari  Malang.  Sebagai  tuan rumah Indonesia   tidak hanya ingin menyenangkan para pembalap yang berasal dari 13 negara  tersebut,  tetapi peserta diajak untuk menikmati keindahan alam  serta menikmati  gulungan gelombang  diantara terumbu karang. “Kami ingin memperkenalkan wisata pantai Selatan Pulau Jawa yang terkenal indah,” kata Hari Sasongko,  wakil walikota Malang.

Kejuaraan Supermoto Asia diorganisir oleh  Asia Supersports Group (ASG). Selain sebagai penyelenggara olah raga,ASG juga memiliki visi untuk mempromosikan tempat wisata di negara-negara Asia melalui event olah raga.  Meski  event  belum berlangsung, sosialisasi dan promosi  kejuaraan Asia Supermoto ini  sudah gencar  dilakukan.  Minggu lalu,  panitia mengundang sejumlah jurnalis  untuk meliput  kegiatan beberapa pemotor super moto  yang berkendara di kawasan pedesaan di Malang Selatan. Dengan  kawalan polisi,   di sepanjang perjalanan para pengendara motor tersebut bermanuver menunjukkan kebolehannya layaknya pembalap dalam sebuah kejuaraan motor.  Acara ini berakhir  dengan sesi  pemotretan di  jembatan Bajul  Mati.

Kejuaraan  Super motorAsia putaran 2  ini merupakan kesempatan perdana bagi Indonesia sebagai negara tuan rumah untuk mengadakan lomba supermoto internasional. Banyak kegiatan promosi dijadwalkan sepanjang minggu menjelang balapan, termasuk kunjungan sosial untuk amal, klinik berkendara supermoto, konferensi pers,  gala dinner,  pasar suku cadang dan aksesoris motor dan  beberapa aktivitas  lainnya.  Selain penonton, animno pembalap supermoto pada balapan putaran kedua di Malang  ini  cukup meningkat. Selain pembalap tuan rumah dan Asia,  pembalap  Steve Alkyer asal Amerika Serikat juga akan datang mengikuti lomba. Seperti diketahui pembalap ini cukup kampiun  di balapan di AMA Supermoto di negaranya

Pembalap pabrikan dari KTM asal  Malaysia, Muhd. Habibullah (Gabit) , sekarang tengah memimpin klasemen dalam kejuaraan super moto Asia ini.  Dengan motor pabrikan  KTM 2017 SX-F 450  dia optimistis bisa memenangi kejuaraan di  Malang. Indonesia  sendiri  menampilkan 6 pembalap top, termasuk veteran Pedro Wuner.  Dalam kejuaraan tersebut akan dipertandingan berbagai kelas  antara lain :  Prostock, Superstock, SM2, SM Pro Open dan SM Veteran; selain itu ada empat kelas  untuk komunitas lokal  yakni : Lite Jawa Timur, Lite Nasional, Prostock Jawa Timur dan Prostock Nasional.

FIM  Asia Supermoto Championships 2016 adalah kejuaraan regional supermoto yang diselenggarakan oleh Asia Supersports Group, sebuah konsorsium dari tiga perusahaan yaitu Bikenation Motorsports Sdn Bhd, CW Media Sdn Bhd dan E-Plus Entertainment Productions (M) Sdn Bhd, dan didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Budaya Malaysia, Malaysia Major Events, Malaysia Truly Asia, Destination NSW, Pariwisata Hunter, Newcastle Dewan Kota, FIM Asia, Asosiasi Otomotif Malaysia (AAM), KYT, KTM Malaysia, Premium Dunia Motorsports (PWM) Sdn Bhd, distributor resmi Husqvarna di Malaysia, Liputan6.com, Bola.com dan Vidio.com

FIM Asia berdiri pada  tahun 1904,  adalah organisasi internasional, yang dibentuk untuk mengembangkan olahraga dan tur sepeda motor. FIM  adalah otoritas internasional tertinggi dan satu-satunya diberi wewenang untuk mengontrol kegiatan sepeda motor internasional yang dilakukan dibawah  yuridiksinya  di seluruh dunia dan bertindak seperti Mahkamah Agung untuk penyelesaian sengketa yang mungkin timbul dari penyelenggaraan kegiatan tersebut.  FIM Asia terdiri dari 28 National Motorcycle Federations di Asia di mana mereka mengatur banyak kejuaraan dan Championships di lebih dari 30 negara di Asia.
OTOBanten

OTOBanten.id

OTOBanten.id merupakan Media Online Berita Otomotif Seputar Banten dan Nasional

Post A Comment: