Jakarta – Honda dan Yamaha sudah mengumumkan rencana strategis untuk bekerjasama dalam beberapa hal, khususnya membangkitkan segmen pasar tertentu di Jepang.

Belum ada informasi waktu dimulainya kerjasama, namun paling tidak, ada beberapa sasaran yang bakal ditempuh kedua perusahaan.

Seperti tertuang dalam rilis resmi yang dikeluarkan Honda, (5/10/2016), ada tiga hal yang akan menjadi fokus kerjasama dua perusahaan. Berikut detailnya:

1. Memasok skuter bermesin 50 cc sebagai OEM (original equipment manufacturer).
Sebelum 2018, Honda akan mulai menyuplai skuter 50 cc ke Yamaha sebagai produk OEM, dikembangkan dari Honda TACT dan Giorno yang saat ini diproduksi dan dipasarkan di Jepang. Yamaha akan menjual model ini sebagai Yamaha JOG dan Vino.

2. Pengembangan bersama/ suplai OEM untuk generasi baru skuter 50 cc.

Honda dan Yamaha akan mengembangan, memproduksi, dan menjual skuter 50 cc untuk pasar Jepang, dinamakan Honda Benly dan Yamaha Gear. Kedua perusahaan melihat kemungkinan pengembangan bersama untuk generasi selanjutnya dari skuter ini.

3. Kolaborasi menambah populasi sepeda motor listrik kategori kelas 1.

Demi tujuan masa depan sepeda motor listrik, terutama kategori kelas 1 di Jepang, dua perusahaan melihat kemungkinan kolaborasi untuk menguatkan pondasi yang diperlukan. Misalnya, jarak tempuh, waktu pengisian ulang baterai, performa, dan biaya produksi.

Kolaborasi ini akan dibawa lebih jauh, memajukan industri sepeda motor elektrik dan memfasilitasi elektrifikasi sepeda motor listrik. (*/kps)
OTOBanten

OTOBanten.id

OTOBanten.id merupakan Media Online Berita Otomotif Seputar Banten dan Nasional

Post A Comment: